Profil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian urusan pemerintahan daerah di bidang kependudukan dan pencatatan sipil berdasarkan asas otonomi dan melaksanakan tugas pokok dalam penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang administrasi kependudukan, di mana didalamnya terdapat fungsi dan tugas Bagian Sekretariat, Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil, dan Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data.
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang terbentuk Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Tangerang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan Dan Susunan Perangkat Daerah, yang menetapkan Peraturan Walikota Nomor 135 Tahun 2021 tentang Kedudukan, Susunan, Organisasi, Tugas Dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil, Fungsi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang sebagai berikut :
- Perumusan kebijakan teknis pelaksanaan urusan di bidangkependudukan dan pencatatan sipil
- Pelaksanaan kebijakan sesuai dengan bidang kependudukan dan pencatatan sipil
- Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil
- Pelaksanaan administrasi Dinas sesuai dengan bidang kependudukan dan pencatatan sipil
- Pengelolaan UPT dan pelaksanaan tugas lain yang diberikan walikota sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya
STRUKTUR ORGANISASI
1. Kepala Dinas;
2. Sekretaris,
(a.) Sub Bagian umum dan kepegawaian
(b.) Sub Bagian perencanaan dan keuangan
3. Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data
- Kelompok Jabatan Fungsional
4. Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk
- Kelompok Jabatan Fungsional
5. Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil
- Kelompok Jabatan Fungsional